AMSI mendorong bagi tumbuh dan berkembangnya ekosistem bisnis media yang sehat dan berkualitas.
Dari sisi internal industri media, faktor terpenting untuk itu adalah adanya praktik dan manajemen keredaksian maupun pengelolaan bisnis yang profesional, transparan, akuntabel, dan ketaatan pada aturan main yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan tentang perusahaan pers yang ada.
Dengan kata lain, ekosistem bisnis media harus dimulai dari praktik good governance redaksi dan pengusaha media lebih dulu.
Manajemen keredaksian dan pengeloaan bisnis media yang profesional seperti disyaratkan di atas, akan melahirkan tingkat keterpercayaan publik yang baik. Keterpercayaan publik yang tinggi pada gilirannya akan melahirkan keterpercayaan industri periklanan dan advertising, yang sangat diperlukan untuk mendukung bisnis media yang berkelanjutan.
Sejak tahun 2021, AMSI dengan dukungan Internews dan Ad For News, mencoba menyusun Kembali indikator tingkat keterpercayaan publik atas pemberitaan (Trust Worthy News), sebagai upaya membangun ekosistem bisnis media yang berkualitas, sehat, dan berkelanjutan di Indonesia. Hal yang selama ini dikhawatirkan “meredup” sejak disrupsi teknologi digital dan “popularisme” sosial media.